Selasa, 22 Desember 2015

Resensi Buku Managemen Pemasaran

IDENTITAS BUKU
Judul Buku      : Managemen Pemasaran
Penulis             : Prof. Dr. Thamrin Abdullah. M.M., M.Pd.
                          Dr. Francis Tantri, S.E., M.M.
Penerbit           : PT. RajaGrafindo Persada
Cetakan           : 2, 2013
Tebal               : 258 halaman.
ISBN               : 978 – 979 – 769 – 419 - 7

PENULIS
Prof. Dr. Thamrin Abdullah. M.M., M.Pd., lahir di Barru Sulawesi Selatan tahun 1945. Saat ini merupakan Guru Besar tetap Fakultas Ekonomi UNJ dengan kepangkatan Guru Besar IV/d. Di samping itu, sebagai Ketua Program Studi Manajemen Pendidikan (MP) Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Selain itu, juga aktif mengajar di beberapa Universitas sebagai Dosen S2 di UHAMKA, UNISMA, UNKRIS, STIEBI, Universitas PGRI Surabaya, Universitas Tridianti Palembang, S2 & S3 Universitas Pakuan Bogor dengan kepangkatan Guru Besar IV/d.
Dr. Francis Tantri, S.E., M.M., lahir di Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan RIAU pada tahun 1951. Saat ini merupakan staff pengajar atau dosen di Sekolah Tinggi Manajemen Transpor (STMT) Trisakti, dengan jabatan akademik Lektor Kepala. Selain itu, juga aktif mengajar di program Pascasarjana S2 dan sebagai asisten dosen untuk S3 di UNJ.


ULASAN BUKU
Pemasaran adalah suatu proses yang teratur dan jelas untuk memikirkan dan merancang pasar. Proses ini dinilai dari riset pasar, untuk mengetahui dinamikanya, mengidentifikasi peluang, menemukan orang atau kelompok dengan kebutuhan yang tidak terpenuhi atau minat terhadap suatu produk atau jasa. Proses pemasaran dapat diterapkan pada semua kehidupan yang dapat dipasarkan, termasuk ide kejadian, organisasi tempat dan kepribadian. Seorang pemuda menyewa sebuah papan iklan besar yang dipergunakan untuk mengutarakn cintanya kepada seorang pemudi. Disadari atau tidak, dia terlibat dalam pemasaran. Dalam skala yang berbeda, perusahaan kapal terbang Boeing juga terlibat dalam pemasaran pada waktu mereka menyadari bahwa industry kapal terbang membutuhkan pesawat yang lebih hemat bahan bakar dan lebih tenang. Untuk memenuhi kebutuhan ini mereka kemudian mengembangkan, menghasilkan serta menjual pesawat semacam itu.
Tugas setiap bisni adalah menghantarkan nilai kepada pasar dengan memperoleh laba. Namun, sedikitnya ada dua pandangan tentang proses penghantaran nilai, pandangan tradisional adalah perusahaan membuat sesuatu dan kemudian menjualnya. Misalnya, Thomas Edison menciptakan phonograph dan mempekerjakan orang untuk menjualnya. Dalam pandangan ini, pemasaran terjadi di bagian kedua dari proses penghantaran nilai. Padangan tradisional ini menganggap perusahaan tahu apa yang harus dibuatnya dan pasar akan menyerapnya dalam jumlah cukup untuk mendatangkan laba.

KELEBIHAN
Buku ini sangat mudah dipelajari karena isinya tidak hanya sebuah penjelasan saja tetapi memberikan contoh dalam kehidupan sehingga dengan mudah di pahami bagi pembaca dan kata-kata yang digunakan oleh penulis untuk buku ini sangat mudah sekali di pahami karena jika menggunakan kata yang tidak familiar, penulis memberikan kurung kurawal untuk memberikan penjelasan untuk kata tersebut. Dan yang paling menarik dari buku ini adalah materi yang menurut saya lengkap sebagai bahan belajar jika ingin memahami Managemen Pemasaran, karena semuanya dibagi-bagi dalam beberapa Bab yang cukup padat penjelasannya.

KEKURANGAN
Jenis huruf yang monoton dan berada dalam satu warna, gambar yang disajikan tidak berwarna(hanya sampulnya saja yang full color)

PENUTUP
Buku “Managemen Pemasaran” ini hadir sebagai panduan dalam mempelajari pemasaran seperti proses pemasaran yang termasuk ide kejadian, organisasi tempat dan kepribadian. Dengan diawali dari pengertian managemen pemasaran sampai pada managemen distribusi.

Mengenai pemesaran baca juga mengenai bitcoin, ini juga lagi sedang naik daun. bitcoin artikel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar